Jualan Fantastis dengan Google My Business

afitsetiadi.com | Semangat pagi sedulur, terutama kamu yang sedang membangun usaha dan membidik pasar lokal. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara agar jualan fantastis dengan Google My Business.

Disclaimer dulu ya, artikel kali ini saya ambil dari beberapa sumber, saya rangkum dengan bahasa yang mohon dimaklumi karena masih latihan, rangkuman ini juga saya padukan dengan pengalaman pribadi, jadi jika ada kekurangan mohon dimaafkan ya Lur.

Pernah kebayang nggak misal tempat jualanmu dan ribuan calon konsumenmu dalam satu lokasi yang sama, satu kota misalnya. Suatu saat ada calon konsumenmu ingin membeli produk yang sejenis dengan yang kamu jual. Sebelum memutuskan beli dimana, dia akan melakukan pencarian di google dengan kata kunci jenis produk yang dimaksud. Ternyata yang muncul pada hasil pencarian google adalah daftar produk yang sama pada marketplace, pada website aplikasi delivery, atau pin google map dari penjual di kota sebelah. Padahal tokomu juga menjual produk yang sama di tempat yang berdekatan dengan calon konsumen tersebut. Kebayang kan betapa sayangnya jika toko atau produkmu kurang terkenal di pasar lokal?

Berkenalan dengan Google My Business

Google My Business atau Google Bisnisku adalah salah satu tool yang dipakai untuk memasarkan produk secara digital. Google My Business dikembangkan oleh Google yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi yang cukup detail terkait produk jualan kamu kepada calon konsumen. Terintegrasi dengan berbagai fitur google, salah satunya adalah Google Maps, membuat Google My Business sangat cocok untuk menaikkan rating usaha lokal. Dengan fitur lengkap ini memudahkan calon konsumen menemukan dan mengetahui informasi detail tentang produk atau usaha yang sedang kamu bangun.

Bagi pelaku usaha seperti kamu tentu saja Google My Business sangat bermanfaat terutama untuk strategi marketing secara digital. Kamu hanya perlu menulis detail tentang usaha, produk dan dimana tempat kamu berjualan, maka Google akan secara otomatis memasukan produk usahamu ke dalam list pencarian Google.

Manfaat Menggunakan Google My Business

Selain GRATIS, beberapa manfaat yang kamu dapatkan ketika sudah mendaftarkan bisnis atau usahamu ke Google My Business.

Pertama, bisnismu akan dipromosikan oleh Google

Setelah kamu memberi data lengkap seputar bisnismu, dan menandai pin pada Google Maps, maka Google akan mempromosikan bisnis kamu pada pencarian google dengan hasil berupa rekomendasi pin alamat lengkap sesuai pencarian dimaksud, yang biasanya ada di bagian atas (pada smartphone) dan kanan pada browser di PC. Sebagai contoh saya ambil Kiye Merchandise atau Kiye Design & Apparel seperti pada screenshot di bawah ini.

Jualan Fantastis Google My Business

Kedua, bisnismu akan mendapatkan review dari pelanggan

Sejak zaman dahulu saat Mamake saya jualan, satu-satunya strategi promosi yang paling mudah, low budget dan ampuh adalah promosi dari mulut ke mulut, word of mouth atau gethok tular. Artinya semakin banyak pelanggan yang memberi penilaian positif tentang bisnis kamu, secara otomatis bisnis kamu akan lebih dikenal, demikian juga pada Google My Business, semakin banyak review bagus, semakin bagus ratingnya, akan memudahkan orang menemukan bisnis atau produk jualan kamu. Otomatis akan semakin memberi gambaran konsumen dalam keputusannya melakukan pembelian.

Jualan Fantastis dengan Google My Business, gimana cara kerjanya?

Dari dua manfaat tersebut di atas, ada lagi sebenarnya manfaat yang utama menurut saya. Yaitu naiknya kunjungan ke tempat usaha kamu, yang berimbas pada naiknya omzet penjualan produkmu. Ya, pada praktiknya di masa pandemi ini, kamu akan menemukan naiknya delivery order, COD atau take away yang disebabkan karena semakin banyak yang mengetahui produk dan bisnis yang sedang kamu bangun.

Cara kerjanya sederhanya sebenarnya. Ditemukan, dipilih dan dihubungkan.

Ambil contoh kamu jualan nasi liwet, suatu hari ada calon pelanggan yang sengaja mencari bakul nasi liwet khas Sunda di sekitar Purbalingga. Setelah melakukan pencarian di Google, maka dia menemukan rekomendasi bakul nasi liwet khas Sunda yang cukup relevan di sekitar orang tersebut. Nah, dari sini calon pelanggan bisa mengetahui informasi detail mulai dari menu yang tersedia, jam buka, cara order, sampai nomor WhatsApp adminnya. Setelah memahami hal tersebut, dia tinggal memutuskan akan memilih salah satu rekomendasi. Selanjutnya melakukan pembelian atau sekedar menghubungi bakul tersebut, yaitu kamu selaku pemilik bisnis nasi liwet yang dimaksud.

Jualan Fantastis Google My Business

Tertarik untuk mencoba Google My Business? Atau sudah punya ya? Coba sharing yuk pengalaman kamu menggunakan Google My Business di kolom komentar. Terima kasih.

Dukung Kami dengan Komentar Terbaikmu!

%d bloggers like this: