Nikmatnya Edamame Kedelai Jepang Buat Yang Hobi Ngemil!

afitsetiadi – Bismillah. Halo penghobi ngemil! Udah coba ngemil Edamame? Kali ini saya mau sharing sedikit tentang Edamame, bagaimana nikmatnya Edamame kedelai jepang ini ternyata termasuk camilan sehat yang memiliki segudang manfaat. Camilan ini termasuk kategori sayur, cocok banget untuk kamu yang suka ngemil tapi gak mau tambah berat badannya atau untuk kamu yang sedang program turun berat badan. Yuk simak selengkapnya!

green bean edamame kedelai jepang
Photo by Valeria Boltneva on Pexels.com

Kenalan dengan Edamame, si kedelai Jepang

Edamame atau yang biasa disebut dengan kedelai Jepang ini adalah kacang kedelai yang masih berada dalam polongnya. Apa bedanya dengan kedelai yang biasa? Menurut beberapa artikel yang saya baca, mereka ini dari satu jenis tanaman yang sama, hanya saja edamame dipanen saat masih muda, tekstur kacangnya lebih lunak, tidak seperti kedelai biasa, dipanen saat sudah berumur dan teksturnya lebih keras.

Edamame mengandung banyak nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, serat, lemak sehat, mineral seperti zat besi, magnesium, kalium, serta vitamin A, B, C, E, dan K.

Segudang Manfaat dari Nikmatnya Edamame Kedelai Jepang

Edamame sering dijadikan cemilan, selain rasanya yang enak ternyata ada segudang manfaat dari Edamame yang menarik perhatian penghobi ngemil seperti saya. Manfaat Edamame Kedelai Jepang yang saya kutip dari alodokter dan honestdocs yaitu:

  1. Membantu menjaga kesehatan kulit
    Kandungan antioksidan pada edamame dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan sekaligus memperbaiki kerusakan pada kulit. Selain itu, edamame juga mengandung isoflavon yang bermanfaat dalam mengelola perubahan kulit terkait usia pada wanita pascamenopause.
  2. Meningkatkan sistem imun
    Manfaat edamame sebagai ‘super food’ tidak diragukan lagi, hal ini berkat kandungan nutrisi, vitamin, dan antioksidan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  3. Menjaga kesehatan tulang
    Manfaat edamame dalam menjaga kesehatan tulang tidak terlepas dari kandungan kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E, dan nutrisi lainnya. Dengan demikian, mengonsumsi edamame dan produk kedelai lainnya dapat memberikan nutrisi dan bantuan penting dalam memperkuat tulang sekaligus menjaga kepadatannya.
  4. Membantu memperbaiki fungsi paru
    Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan genistein diketahui dapat memperbaiki fungsi paru pada penderita asma. Kabar baiknya edamame mengandung genistein, dengan demikian sayuran ini bermanfaat dalam membantu memperbaiki fungsi paru.
  5. Membantu mengurangi pertumbuhan tumor
    Salah satu studi membuktikan bahwa ekstrak kedelai mampu secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor dan memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhannya.
  6. Mengurangi resiko sejumlah penyakit
    Edamame mengandung isoflavon, yaitu suatu antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti osteoporosis, kanker, hipertensi, dan penyakit jantung. Selain itu, kedelai edamame juga baik untuk menjaga kestabilan gula darah, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  7. Membantu mengatasi depresi/gangguan mental
    Folat yang terkandung dalam edamame diketahui dapat membantu mengatasi depresi dengan mencegah tubuh menghasilkan homosistein yang berlebihan. Kelebihan homosistein dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinephrine yang berfungsi mengatur suasana hati, nafsu makan dan tidur agar lebih baik.
  8. Meningkatkan kesuburan
    Menurut Harvard Medical School’s Harvard Health Publications, bagi wanita yang ingin meningkatkan kesuburannya dapat mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber tanaman seperti edamame, bayam, kacang dan labu. Dengan manfaat edamame yang satu ini, maka kacang jepang ini sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani program hamil. 
  9. Meredakan gejala menopause
    Kandungan antioksidan isoflavon dan fitoestrogen pada kedelai edamame juga bermanfaat untuk meredakan gejala hot flashes atau munculnya sensasi panas di sekitar wajah, leher, dan dada pada wanita di masa menopause.
  10. Menyehatkan pencernaan
    Manfaat edamame lainnya adalah menjaga kesehatan saluran cerna. Suatu riset menunjukkan bahwa kandungan serat dan protein yang tinggi pada edamame akan berfungsi sebagai prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna.
  11. Menjaga berat badan
    Edamame yang kaya serat, protein, dan antioksidan juga dapat membantu menjaga berat badan. Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan berserat, termasuk kacang kedelai dan edamame, rata-rata memiliki berat badan yang ideal.

    Untuk yang satu ini ada pengalaman tersendiri yang dialami seorang sahabat, dia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 7kg sejak melakukan program penurunan berat badan dengan rutin mengonsumsi edamame. MasyaAllah…

Cara Sehat Menikmati Edamame

Cara yang umum dilakukan yaitu direbus atau dikukus, boleh juga diberi sedikit garam dan bumbu lain untuk menambah cita rasa. Edamame bisa dinikmati sebagai pembuka atau penutup jamuan makan, atau bisa juga dijadikan camilan rutin setiap hari.

Nikmatnya Edamame Kedelai Jepang
Panen Edamame Kedelai Jepang

Edamame si Kedelai Jepang di Purbalingga

Edamame merupakan tanaman tropis dan sangat cocok dibudidayakan di Indonesia. Seperti di Purbalingga misalnya, sudah banyak petani yang rutin menanam Edamame, tersebar di beberapa lokasi seperti Kutabawa, Karangreja dan Kutasari.

Permintaan Edamame untuk konsumsi lumayan tinggi, seperti teman saya Mas Ibnu Fathurozak, memiliki target minimal 2 ton setiap panen untuk memenuhi permintaan beberapa distributor dan reseller.

MasyaAllah.

Bagi kamu yang hobi ngemil dan mau nyoba nikmatnya Edamame Kedelai Jepang ini, bisa menghubungi saya atau beberapa penjual edamame di sekitarmu ya. Selain dapat ngemilnya, dapat manfaatnya, kamu juga bisa ikut membantu pelestarian Edamame. Selain itu pahala ngelarisin dagangan teman juga InsyaAllah didapat.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

Barakallahu fiikum.

2 thoughts on “Nikmatnya Edamame Kedelai Jepang Buat Yang Hobi Ngemil!”

Leave a Reply

%d bloggers like this: