Gonta-ganti Blog? Ya, Pokoknya Selamat Berjumpa Lagi!

“Sebuah Catatan Perjalanan”

Itulah kalimat kedua yang terlintas ketika menulis tagline untuk blog ini setelah kalimat “bismillah” terucap sebagai tanda niat mengawali segalanya.

Pasti semua mengalami, selama perjalanan ada yang namanya fase “berganti.”

Berganti di sini lebih dimaknai sebuah proses menuju sesuatu yang lebih baik, ya.

Siang berganti malam dan sebaliknya, menunjukkan kuasa Allah Azza wa Jalla . Dimana setiap waktu berganti memiliki fungsi yang berbeda. Siang untuk bertebaran menjemput rezeki, dan malam untuk istirahat. Semua demi kebaikan kita manusia.

Dalam keseharian kita misalnya. Baju kotor, ya ganti dengan baju bersih, agar lebih nyaman dipakai. Punya kebiasaan kurang baik atau pernah melakukan kesalahan, bertaubat dan minta maaflah, ganti dengan kebiasaan yang lebih baik.

Dalam perjalanan saya di dunia blogger pun ada fase berganti, lebih tepatnya gonta-ganti menurut saya hehehe.. Bagi yang mengikuti saya, mungkin sangat paham kondisi ‘gonta-ganti’ yang sering saya lakukan. Untuk urusan blog ini, sudah berapa kali saya ganti domain, platform dari wordpress ke blogspot dan sebaliknya. Ya namanya blogger pemula, ada saja alasannya.

Berikut beberapa alasan mengapa gonta-ganti ini menjadi kebiasaan blogger pemula seperti saya, antara lain:

  1. Penasaran mencoba hal baru
    Ini terjadi terutama pada blogger pemula seperti saya, dulu sekitar tahun 2007-2008 mulai ngeblog dengan platform wordpress gratis (darkvanilla.wordpress.com), kebanyakan mbahas tentang Jepang, anime dll.
    2010-2011 sudah mulai bosan dengan wordpress gratis tampilannya gitu-gitu aja, nggak bisa nambah widget dan theme premium, pindah lah saya ke blogspot/blogger.com.
    Alih-alih ingin bisa mainan template premium, saya ternyata ada rezeki lebih untuk membuat blog dengan domain .com dan hosting sendiri. Terlebih dengan dukungan dari Purbalingga Blogger Community dulu, di tahun yang sama, saya mulai pindah dan ganti lagi ke platform wordpress dengan domain afitsetiadi.com seperti sekarang ini.
  2. Cuma cari enak/main-main
    Bagi saya, main di dunia blog itu bukan cuma urusan tulis menulis, saya lebih suka utak-atik script atau mencoba main plugin pendukung yang ternyata malah membuat saya kurang fokus.
  3. Kurang fokus dan disiplin
    Seperti yang dijelaskan di poin kedua. Akibat dari saking senengnya main-main tadi, jadilah nggak fokus, dan gak disiplin. Bayangin aja, hampir 10 tahun nggak ada ‘aset’ yang dibangun dari web/blog, eman-eman nggak tuh? Eh tapi, kenyataan saya nggak berani nulis seperti ini kemarin-kemarin, mungkin akan saya ceritakan sedikit di posting berikutnya ya..

Dari ketiga alasan itulah, saya belajar banyak agar ke depan dapat memperbaiki diri. Lah, lagi-lagi ada tulisan seperti ini, hal yang sering saya tulis ketika mau nulis di blog (baru) lagi. Hahaha..

Ya, mudah-mudahan dengan dukungan dari teman-teman, dengan “catatan perjalanan ini” minimal saya bisa mengikat catatan dan ilmu yang saya pelajari setiap waktunya. Ngimpi gedenya, semoga blog ini bermanfaat, dan bisa mengambil serta ikut berbagi hal-hal positif dengan jangkauan yang lebih luas.

Jadi, selamat berjumpa lagi!

Barakallahu fiikum.

Photo from Pexels

2 thoughts on “Gonta-ganti Blog? Ya, Pokoknya Selamat Berjumpa Lagi!”

Leave a Reply

%d bloggers like this: