Tutorial Office 365 Education - Perkenalan dan Cara Login

afitsetiadi.com – Belum lama ini saya berkenalan dengan Office 365. Mungkin bagi yang berada di lingkungan pendidikan nggak asing ya dengan Office 365. Apa itu office365? Fitur apa saja yang ada di Office 365? Pada tema ini saya akan membahas sedikit tutorial Office 365 Education (O365) mulai dari perkenalan sampai pemanfaatan aplikasi di dalamnya. InsyaaAllah…

Oya tapi sekali lagi yang saya share adalah berdasar pengalaman pribadi, ya, jadi kalau kalian punya tips dan trik yang berbeda, silakan share saja. Dan pembahasan disini saya batasi hanya akun berlisensi A1 untuk edukasi saja ya. Hehe. Yuk mari langsung saja..

Pengenalan Office 365

Dilansir dari Wikipedia, berikut adalah penjelasan singkat tentang Office 365

Microsoft 365 adalah produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Secara umum, fasilitas Microsoft 365 terdiri dari perangkat lunak Microsoft Office serta perangkat lunak berbasis komputasi awan sebagai produk layanan untuk lingkungan bisnis, seperti Hosting Exchange Server, Skype for Business Server, dan SharePoint ditambah opsi tambahan layanan Windows 10 Enterprise. Semua paket Microsoft 365 diperbarui otomatis tanpa biaya tambahan.

Setelah beta test yang dimulai pada Oktober 2010, Microsoft meluncurkan Office 365 pada 28 Juni 2011 sebagai pengganti Microsoft Business Productivity Online Suite (BPOS), yang awalnya ditujukan untuk pengguna korporat. Kemudian, Microsoft mengekspansi Office 365 untuk berbagai jenis bisnis dan untuk konsumen umum.

Pada 21 April 2020, Office 365 berganti nama menjadi Microsoft 365, yang menekankan fitur produktivitas dan layanan di luar paket perangkat lunak inti Microsoft Office. Merek Office 365 tetap digunakan untuk paket yang ditujukan untuk pasar perusahaan.

Microsoft Office 365 Education

Office 365 Education adalah versi Office 365 gratis yang ditujukan untuk guru/tenaga pengajar dan siswa/mahasiswa yang belajar di sebuah institusi pendidikan resmi. Ya, jika kalian seorang siswa atau mahasiswa berarti kamu harus terdaftar di sebuah sekolah atau universitas terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan versi ini, sekolah/institusi pendidikan harus mendaftarkan akun email dan domain web ke situs microsoft office 365. Setelah sukses deploy atau registrasi Microsoft Office 365 Education, sekolah akan mendapatkan akun unlimited untuk pengajar dan siswa.

Fitur O365 yang banyak diminati

Banyak aplikasi pada Microsoft Office 365 yang bisa dimanfaatkan terutama di dunia pendidikan, yaitu:

  1. Aplikasi microsoft office reguler yaitu Microsoft Word, Excel, Power Point yang digunakan secara online.
  2. Microsoft Sway yang bisa dimanfaatkan untuk membuat presentasi/portfolio yang lebih atraktif
  3. Microsoft Form untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat formulir dan kuis secara online
  4. Penyimpanan cloud one drive sebesar 1 TB yang saya rasa cukup untuk mem-backup file dan menerima kiriman tugas dari siswa

Tutorial Office 365 Education – Login ke akun

  1. Masuk ke portal.office.com
  2. Masukan akun berupa email Office365 pada kolom yang tersedia, klik Next.
tutorial office 365 - ketik username untuk login office 365

3. Ketik password yang telah dibuat

tutorial office 365 - ketik password login office 365

4. Setelah itu kalian akan dibawa masuk ke dashboard utama Office 365, tinggal memilih mau memakai aplikasi mana sesuai kebutuhan

tutorial office 365 - pilih aplikasi office 365 sesuai kebutuhan

Demikian sedikit ulasan dan tutorial awal tentang Office 365 Education, semoga bermanfaat, mohon maaf banyak kekurangan.

Barakallahu fiikum.

Post a Comment

Previous Post Next Post