Membersihkan File Sampah Windows 10 Mudah!

afitsetiadi.com – Kerja bakti kita lur hari ini. Jadi laptop yang saya pakai ini emang jarang banget dibersihkan sampahnya seperti temporary files. Jangankan temporary files, wong unduhan yang udah gak kepake aja kadang masih numpuk di folder, kadang bisa berlipat ganda malahan. Sampah-sampah itulah yang sering membuat Windows di laptop terasa berat, udah terbebani kerjaan yang super berat eh ketambahan sampah gak jelas, kan kasian. Padahal bagi content creator, laptop kaya gini udah seperti teman seperjuangan, jadi performanya musti stabil. Nah kali ini saya berniat membersihkan file sampah di windows 10 dengan langkah mudah.

Oke langsung saja, ada beberapa cara sebenarnya untuk membersihkan sampah di windows 10. Pertama menggunakan software tambahan seperti ccleaner, revo uninstaller dan sebagainya. Cara kedua tanpa software tambahan apapun, cukup menggunakan fitur yang tersedia di Windows 10. Nah di artikel kali ini saya akan bahas adalah cara kedua yaitu bersih-bersih file sampah di windows 10 tanpa menggunakan software tambahan apapun.

Membersihkan File Sampah dengan Run Dialog Box (Windows + R)

  1. Langsung saja masuk ke jendela Run (Windows + R) dan ketik %temp%, lalu Enter. Di jendela yang baru akan terlihat sampah-sampah yang menggunung yang siap untuk dibuang. Select All lalu delete.
Membersihkan File Sampah
Membersihkan File Sampah di Windows – Run %Temp%
Bersih-bersih File Sampah di Windows
Membersihkan File Sampah Windows

2. Selanjutnya masuk lagi ke jendela Run (Windows + R) dan ketik temp, lalu Enter. Pilih continue. Mirip dengan langkah pertama, Select All lalu delete semua file. Pada praktiknya ada file yang tidak bisa terbuang, coba tutup dulu semua aplikasi yang sedang berjalan, jadi windows dalam keadaan bersih tanpa ada aplikasi yang running.

Membersihkan File Sampah Windows
delete files

3. Langkah ketiga lakukan lagi masuk ke jendela Run (Windows + R) dan ketik prefetch, continue, dan hapus semua file yang terlihat.

prefetch

Bersihin File Sampah dengan Disk Cleanup

Selanjutnya bisa dicoba bersih-bersih file sampah dengan menggunakan Disk Cleanup

Masuk ke menu windows, ketik Disk Cleanup. Dalam hal ini windows akan mencari software yang dimaksud

Cleanup

Pilih drive mana yang akan dibersihkan sampahnya, misal drive C

Membersihkan File

Tunggu proses cleanup sampai selesai

Centang direktori mana saja yang akan dibersihkan

Selesai, alhamdulillah, tinggal cek bagaimana performa windows kita setelah sampahnya kita bersihkan.

Demikian tips bersih-bersih file sampah windows 10 mudah, semoga bermanfaat!

Post a Comment

Previous Post Next Post