Mencari Ide Desain dan Pasangan Font untuk Desainer

afitsetiadi.com | Sudah bukan rahasia lagi kalau para desainer seperti kamu selalu mencari referensi dalam setiap pengerjaan order dari client. Nggak beda jauh dengan saya, setelah detail order diterima, selanjutnya adalah mencari bahan-bahan yang dibutuhkan serta referensi bakal seperti apa desain yang akan saya ajukan kepada client. Pada artikel ini saya membahas proses mengerjakan order paket desain dan bagaimana cara mencari ide desain dengan mudah dan ampuh.

Tahapan pekerjaan desainer

Sebelum lanjut, begini lho tahapan pekerjaan desainer sesuai pengalaman saya.

Satu. Menerima order

Bertemu dengan client baik secara online maupun offline. Pengalaman saya seringnya order masuk melalui pesan WhatsApp, inbox Messenger Facebook atau Telegram.

Dua. Diskusi detail order yang diinginkan client

Biasanya client memberi gambaran tentang desain yang dia inginkan. Nah tugas desainer adalah menanyakan detail kebutuhan client, briefing secara lengkap akan sangat membantu dalam proses pengerjaan desain.

Tiga. Mencari referensi

Selanjutnya mencari referensi yang sesuai dengan permintaan client, bisa dengan melihat desain yang sudah ada di berbagai tempat sebagai acuan saja, bukan untuk dijiplak lho ya.

Empat. Brainstorming dan sketsa

Setelah mendapat referensi, nah sekarang tinggal utak-atik kira-kira bagaimana desain yang sesuai dengan permintaan client tersebut.

Lima. Mulai desain, revisi jika ada dan selesai

Aplikasikan sketsa ke dalam software desainer dan mulai proses desainnya. Seperti biasa setelah ada gambaran konsep desain, kirim ke client untuk selanjutnya direview dan direvisi jika ada.

Mencari ide desain

Ini adalah beberapa tempat mencari referensi atau ide desain yang murah, mudah dan ampuh yang saya gunakan selama ini.

Satu. Google

mencari ide desain pinterest

Sudah umum ya, mencari ide desain dengan google, dan referensinya pun diambil dari berbagai sumber, jadi bisa lebih banyak gambaran yang bisa kamu jadikan acuan sebelum kamu mengerjakan sketsa desain.

Dua. Instagram

mencari ide desain hashtag instagram

Dengan memanfaatkan hashtag pada instagram, kamu dapat menemukan ribuan desain sesuai kebutuhanmu. Kamu juga bisa melihat portfolio desainer-desainer kelas atas. Ingat, explore desain orang itu sebagai acuan atau referensi saja ya, bukan untuk dijiplak persis.

Tiga. Pinterest

mencari ide desain di pinterest

Website yang sering saya explore adalah Pinterest. Pinterest gampangnya adalah kumpulan pin berbagai macam hal termasuk desain. User di pinterest menandai apa yang menjadi kesukaan mereka pada board masing-masing. Ya bisa dibayangin kamu punya papan isinya tempelan hal-hal yang kamu sukai atau kamu jadikan referensi dari berbagai sumber. Selain jumlahnya yang ribuan, desain yang dipajang pada aplikasi ini keren-keren dan kebanyakan “Out of the box.” Pinterest ini tersedia juga di Playstore ya, coba saja!

Mencari pasangan jenis huruf atau font pairing

Pasangan font bagi saya pribadi selalu menjadi hal yang sangat penting, kombinasi font yang bagus akan mendukung desain secara keseluruhan. Saya sering bisa berjam-jam hanya untuk mencari font yang bisa saling cocok (bestmatch). Namun sekarang gak perlu duduk berjam-jam mengeksplor font tersebut, cukup menggunakan situs di bawah ini kamu bisa langsung paham bagaimana mendapatkan pasangan font atau font pairing yang bagus.

Satu. Fontpair.co

font pair

Fontpair.co menyediakan referensi berbagai kategori pasangan font yang bisa kita aplikasikan pada desain kebutuhan kita, terutama untuk desain dengan banyak tulisan dan membutuhkan font header dan font body sendiri, seperti untuk majalah, flyer, banner, desain web. Pasangan font yang cocok bisa kamu dapatkan dengan mudah. Langsung coba saja.

Dua. Fontjoy.com

mencari ide desain dan font pair

Situs ini menyediakan auto generate font pair, saya sendiri gak pernah bisa menebak pasangan huruf seperti apa yang akan muncul. Langsung coba saja ya!

Itulah sedikit pengalaman bagaiamana saya mengerjakan desain mulai dari briefing dengan client sampai tahapan mencari ide desain dan font. Semoga bermanfaat!

Jadi? Mau nyari ide desain dan font dimana?

Post a Comment

Previous Post Next Post