Muslim Board Indonesia, Coba Sekarang!

afitsetiadi.com | Salah satu hobi saya adalah “nyobain aplikasi” baru maupun lama yang memang belum pernah saya coba. Nah kali ini saya nggak sengaja nemu browser extension berupa dashboard personal yang menurut saya sangat bermanfaat bagi seorang muslim. Nama extension tersebut adalah Muslim Board Indonesia.

Sekilas Muslim Board Indonesia

Muslim Board Indonesia bisa dibilang extension yang fungsinya mengubah tampilan tab pada Browser menjadi lebih dinamis. Di laptop yang saya pakai, saya pasang aplikasi ini pada Google Chrome.

Dilansir dari developernya yaitu Mas Noval Agung, software developer asal Malang, MuslimBoard adalah laman personal dashboard khusus untuk muslim yang berdomisili di Indonesia. Plugin ini terinspirasi dari Momentum.

Fitur Lengkap Yang Mendukung Produktivitas

Muslim Board Indonesia memiliki tampilan utama seperti pada gambar di atas tulisan ini, ya bisa dibilang mirip dengan ekstensi serupa yaitu Momentum. Kaya akan fitur tentunya, mulai dari wallpaper keren, jadwal sholat, konten inspiratif dan to do list yang bisa membantu meningkatkan produktivitas kita.

Jadwal Sholat Sesuai Lokasi Pengguna

Jadwal Sholat pada Muslim Board Indonesia
Jadwal Sholat pada Muslim Board Indonesia

Jadwal sholat berada di sisi kiri dashboard bersamaan dengan jam digital. Jadwal muncul secara otomatis sesuai lokasi pengguna. Data jadwal sholat tersebut diambil dari Kemenag. Untuk lokasi bisa disetting secara manual agar lebih tepat.

Konten Inspiratif

konten inspiratif muslim board indonesia
Konten inspiratif

Pada bagian kanan atas, terdapat konten berupa kutipan yang diambil dari potongan ayat, hadist, dan pesan ulama yang Insya Allah bisa menjadi pengingat dan motivasi kebaikan. Kutipan tersebut berubah otomatis dalam waktu tertentu. Untuk bagian ini masih diolah sendiri oleh tim developer, dan sebagian merupakan kiriman dari kontributor.

Gambar Wallpaper Keren

Wallpaper menjadi salah satu daya tarik tersendiri pada dashboard. Dalam jeda waktu tertentu akan otomatis ter-refresh. Sebagian besar wallpaper diambil dari Unsplash dan beberapa dari kontributor.

To Do List

Berguna untuk menyimpan catatan dan memberi checkmark pada setiap item.

Dapatkan Gratis

Ekstensi ini tersedia untuk Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan Microsoft Edge. Kita dapat mengunduh dari extension store masing-masing browser. Untuk lebih mudahnya bisa melalui link di bawah ini :

Klik untuk pengguna : Google Chrome

Klik untuk pengguna : Mozilla Firefox

Klik untuk pengguna : Opera

Klik untuk pengguna : Microsoft Edge

Kontribusi

Developer memberi kesempatan kita untuk berkontribusi berupa konten atau gambar. Untuk lebih jelasnya bisa langsung ke website resminya yaitu di : https://muslimboard.novalagung.com/

Kesimpulan

Demikian sekilas pengenalan browser extension bernama Muslim Board Indonesia. Dari pengalaman saya memakai plugin ini, belum menemukan masalah, dari aplikasi ini saya bisa mengambil motivasi untuk terus berkarya.

Semoga bermanfaat. Barakallahufiikum.

Post a Comment

Previous Post Next Post