Reset Password Akun Belajar.id, Ternyata Mudah!

Reset Password Akun Belajar.id, Ternyata Mudah! – Menyimpan terlalu banyak akun dan sandi yang bermacam-macam jenis dan kombinasinya membuat sobat terkadang lupa dengan akun atau password tersebut, termasuk lupa dengan password akun belajar.id milik sobat.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut salah satu yang bisa Sobat lakukan yaitu mencatat akun dan password pada catatan khusus baik online maupun offline (pada buku catatan misalnya).

Namun misal akun dan password sudah dicatat dan sobat mencoba mengingat-ingat kok ternyata lupa sama sekali, ada baiknya bisa menghubungi operator sekolah selaku admin untuk mereset password akun Belajar.id sobat semua.

Tutorial ini Berlaku untuk Admin Semua Jenjang

Jika Sobat merupakan Operator atau Admin SMP yang akhir-akhir ini diminta tolong untuk reset akun dari alumni yang sekarang sudah masuk ke SMA, dan bagi teman-teman Operator atau Guru SD yang juga diminta tolong oleh alumni SD-nya untuk reset password padahal mereka sudah lulus dan sekarang berada di SMP.

Ya, tutorial ini semoga bisa membantu Sobat dalam melayani para alumni yang meminta reset password justru ke sekolah lama, bukan di sekolah yang sekarang.

Mengapa demikian? Karena sampai hari ini database akun belajar masih mengikuti sekolah yang terdahulu. Jadi walaupun sudah naik jenjang tapi akun belajarnya masih ikut sekolah yang lama.

Tapi kok data tidak ada di web http://pd.data.kemdikbud.go.id/ pada saat kita mengunduhnya?

Iya, karena untuk akun siswa yang sudah lulus tidak lagi masuk ke database pd.data.kemdikbud.go.id, akan tetapi masuk ke daftar USER di halaman admin google.

Simak bagaimana cara membuka halaman admin google dan reset password berikut, ya Sob. Biar lebih jelas.

Cara Reset Password Akun Belajar.id

Bagi sobat operator atau admin, untuk mereset password akun belajar.id bisa dengan cara sebagai berikut:

1. Login ke google menggunakan akun admin belajar.id (nama@admin.smp.belajar.id) atau bagi teman-teman guru SD bisa menggunakan akun kepala sekolah (pastikan jenis akunnya nama@admin.sd.belajar.id)

2. Klik pilihan menu Google Apps (titik 9) di pojok kanan atas dekat foto profil, masuk ke menu admin seperti pada gambar. Atau Sobat bisa masuk ke https://admin.google.com

Reset Password Akun Belajar

3. Sobat akan masuk ke halaman Admin Console seperti ini

Reset Password Akun Belajar

4. Pilih menu Users

cari akun

5. Cari nama guru atau siswa yang akan direset passwordnya, dengan filter “first name” pada gambar di atas saya beri tanda merah
6. Setelah ketemu, klik tombol “Reset Password” di kolom sebelah nama akun

hasil pencarian akun

7. Untuk membuat password baru, saya menyarankan buat password baru secara manual, jangan lupa centang pilihan supaya guru / siswa tersebut mengganti password baru nanti. Setelah itu klik reset.

simpan password baru

8. Berikan password baru kepada guru/siswa pemilik akun tersebut, ingatkan untuk menyimpan password barunya dengan baik.

Demikian tutorial singkat bagaimana mereset password akun belajar.id guru dan siswa. Jika ada kesulitan kamu bisa menuliskan di kolom komentar. Oiya, kamu dapat mengakses artikel seputar akun belajar pada menu tutorial atau masuk ke pencarian dengan keyword “akun belajar” ya Sob!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Post a Comment

Previous Post Next Post